Beginilah Prosedur Cara Klaim Asuransi Mobil |
Sudahkah kendaraan Anda terlindungi
oleh asuransi? Apabila belum, maka sudah saatnya kendaraan Anda diasuransikan.
Nantinya, cara klaim asuransi mobil akan
dikelaskan oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan. Meskipun demikian, masih
juga banyak pemegang premi yang tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya.
Padahal melakukan klaim asuransi merupakan hal yang penting. Sebagai pemilik
kendaraan, tentunya mobil merupakan properti yang berharga. Apabila terjadi
hal-hal yang tidak diinginkan, maka tentunya keberadaan asuransi tersebut akan
membuat kita merasa lebih terbantu. Akan sangat disayangkan apabila setelah
membayar premi bulanan secara rutin, kita tidak melakukan klaim terhadap mobil
kita. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan
klaim.
1.
Menghubungi pihak perusahaan asuransi
Cara klaim asuransi mobil dimulai dengan menghubungi pihak perusahaan asuransi. Anda perlu
memberitahukan bahwa mobil yang diasuransikan mengalami kecelakaan atau telah
hilang dicuri. Sebagai nasabah, pemberitahuan ini akan diproses oleh pihak
perusahaan asuransi. Biasanya perusahaan asuransi akan meminta beberapa dokumen
seperti laporan mengenai seberapa besar kerugian yang Anda alami. Laporan ini
juga berisi tentang kronologi kejadian yang berhubungan. Selain itu, Anda juga
perlu mempersiapkan surat-surat yang berhubungan dengan kendaraan Anda. Selain
SIM dan STNK, Anda juga sebaiknya mempersiapkan KTP. Polis yang berisi tentang
keberadaan Anda sebagai nasabah juga nantinya akan diperlukan. Dokumen tersebut
nantinya akan diperlukan selama penyelidikan.
2.
Menemui surveyor
Menemui surveyor merupakan cara klaim asuransi mobil yang selanjutnya.
Sebelum melakukan pertemuan, baik surveyor dan Anda harus menemukan kesepakatan
mengenai kapan dan dimana pertemuan tersebut akan dilakukan. Dalam pertemuan
dengan surveyor, idealnya surveyor akan meminta Anda untuk mengisi formulir.
Formulir tersebut harus diisi dengan informasi dasar. Pada saat inilah Anda
sebagai nasabah yang memiliki kendaraan terebut juga melaporkan kerugian yang
ditanggung. Apabila masih sempat, ada baiknya Anda menunjukkan foto kejadian.
Foto terebut dapat dijadikan pertimbangan dalam melakukan penyelidikan lebih
lanjut. Hasil dari penyelidikan ini akan membantu untuk menjelaskan apakah Anda
berhak menerima klaim tersebut. Hal ini menjadi penting karena beberapa orang
sengaja memalsukan keterangan untuk mendapatkan klaim asuransi.
3.
Mendatangi bengkel rekanan
Apabila surveyor sudah memutuskan bahwa kendaraan yang Anda miliki
merupakan kendaraan milik Anda dan telah mengalami kecelakaan, maka pihak
asuransi akan menerbitkan surat untuk menghubungi bengkel rekanan. Bengkel
rekanan merupakan bengkel yang bekerja sama dengan pihak asuransi tersebut.
Mobil Anda yang mengalami kecelakaan akan segera mendapatkan perawatan. Semua
biaya perbaikan dan perawatan kendaraan akan ditanggung oleh pihak asuransi.
Yang perlu Anda lakukan adalah membawa surat tersebut ke pihak bengkel rekanan
dan biarkan mereka yang menangani sisanya.
Itulah tadi sekelumit informasi
mengenai cara klaim asuransi mobil.
Prosesnya yang sederhana akan dapat membuat Anda menjalaninya dengan lebih
mudah pula.
No comments:
Post a Comment