Wednesday, April 12, 2017

Cara Memilih Oli Mesin Pada Mobil

Oli merupakan komponen penting dalam mesin kendaraan mobil yang harus diperhatikan jenis dan kualitasnya. Oli tidak hanya digunakan sebagai pelumas mobil. Oli juga memiliki fungsi penting lain yaitu sebagai pelindung dari korosi atau karat, pendingin, serta sebagai pembersih yang sekaligus menutup celah pada dinding mesin mobil. Karena begitu pentingnya, Anda perlu memperhatikan tips memilih oli mesinpada mobil yang akan diuraikan berikut ini.


1. Pilih kategori Oli yang sesuai dengan jenis mobil
Tips memilih oli mesin pada mobil yang pertama adalah memilih kategori oli yang sesuai dengan mesin mobil. Jadi, Anda harus melihat kembali mesin mobil Anda. Jika Anda menggunakan mesin diesel, pilih oli yang sesuai untuk mesin tersebut. Untuk kualitas oli, Anda bisa melihat pada kode API yang berupa kode S serta huruf lain yang mengikutinya. Misalnya, oli dengan kode SL diperuntukkan mesin kendaraan yang keluar tahun 2004 dan tahun sebelumnya sedangkan kode CI-4 merupakan oli untuk mesin mobil diesel 4T yang keluar tahun 2002.

2. Sesuaikan tingkat kekentalan Oli dengan kondisi mobil
Ketika memilih produk pelumas atau oli untukmobil, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor viskositas atau kekentalan pelumas atau oli untuk tetap mengalir pada suhu tertentu. Anda bisa melihat viskositas oli melalui kode SAE. Apabila Anda melihat angka yang mengikuti membeku ketika berada pada tempat dengan temperatur yang sangat dingin serta akan semakin encer pada suhu panas. Jika Anda menggunakan oli multigrade seperti SAE 15W50, Anda akan mendapati kualitas oli yang sama dengan SAE15 ketika pada suhu dingin dan kualitas sama dengan SAE 50 ketika berada pada suhu panas.

3. Hindari produk pelumas palsu
Tips memilih oli mesin pada mobil yang terakhir adalah menggunakan produk oli yang asli dan berkualitas. Anda harus menghindari penggunaan produk oli palsu karena penggunaan oli atau pelumas yang palsu justru dapat menurunkan performa mesin mobil. Anda bisa membeli oli atau pelumas yang masih dalam kemasan yang baik. Selain itu, pilih pelumas yang tersegel rapat dan rapi. Apabila Anda menemukan kecacatan dalam produk oli yang akan Anda beli, sebaiknya ganti produk dengan yang dalam kondisi baik dan tidak cacat. Jika Anda ragu dengan keaslian produk oli atau pelumas, Anda bisa memutuskan untuk membeli di distributor atau agen resmi produk oli atau pelumas.

Demikian beberapa tipsmemilih oli mesin pada mobil yang bisa menambah referensi Anda ketika akan memilih oli untuk mobil Anda. Selain dalam pemilihan, Anda juga perlu memperhatikan setiap penggunaan mobil Anda berikut perawatannya.


No comments:

Post a Comment